Cewek Wajib Baca, Cara Bedakan Henna Asli ( Natural ) dengan Henna yang Palsu !

Bedakan-Henna-Asli-Palsu

Cewek Wajib Baca, Cara Bedakan Henna Asli ( Natural ) dengan Henna yang Palsu !, Meskipun sudah terkenal dengan bahan alami dan aman, namun anda juga harus berhati-hati sebelum menggunakan henna. Pasalnya, ada pernyataan dari American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa henna yang dicampur dengan bahan kimia berbahaya  dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti yang dikutip dari hipwee.
Agar lebih waspada, perhatikan tips memilih henna yang palsu dan natural. Simak baik--baik, ya!

1. Dari segi teksturnya

Henna alami dikemas dalam bentuk bubuk yang dicairkan dengan sejumlah materi alami untuk menghasilkan warna yang kuat dan tahan lama. Sedangkan henna dalam bentuk cair  dapat beresiko mudah dicampur dengan bahan kimia berbahaya.

2.Kandungannya

Henna alami dibuat menggunakan bahan herbal seperti bubuk henna yang diracik dengan air jeruk lemon, gula, dan essensial oil. Sedangkan henna yang palsu biasanya terdapat kandungan Para-phenyledediamine (PPD) dan beresiko menimbulkan alergi.

3. Warna yang dihasilkan

Bedakan-Henna-Asli-Palsu

Henna yang alami biasanya menghasilkan warna reddish brown atau warna oranye yang cenderung merah kecoklatan. Setelah henna digunaka, akan kering dan rontok, dan tersisa warna semi kuning di kulit, dan berubah menjadi cokelat kemerahan dalam waktu 2 hari.Sedangkan henna yang berwarna hitam kemungkinan menganduk PPD dan hampir 100% mengandung zat pewarna rambut.

4. Jangka waktu henna mengering

Henna alami membutuhkan waktu yang lama untuk mengering, sekitar 6-8 jam. Warnanya pun akan semakin terang dan tahan lama hingga mencapai 10 hari. Sedangkan henna yang berbahan kimia akan cepat mengering, dan warna yang dihasilkan akan langsung keluar dalam hitungan menit.

5. Bau

Selain dari warna, dan teksturnya, henna yang natural juga bisa dideteksi dari baunya. Henna yang alami atau natural, baunya menyerupai jamu, herbal, potongan rumput atau sejenisya. Jika baunya menyerupai bahan kimia yang menyengat dan tidak enak, bisa dipastikan bahwa henna tersebut palsu dan berbahaya.

Itulah ulasan mengenai cara membedakan henna yang asli dan henna yang mengandung bahan kimia berbahaya.  Sebaiknya hindari penggunaan henna untuk tato temporer karena beresiko menimbulkan alergi. Henna memang indah, namun juga harus hati-hati dalam memakainya. Jangan sampai salah pilih ya !